17 Tips Lengkap Membuat Insta Story Yang Keren, Viral dan Menarik

Ikuti tips ini biar insta story kamu jadi banjir viewers nya!

Insta Story adalah Fitur Unggulan dari Instagram yang paling banyak digunakan oleh user instagram selain fitur Explore, dan pasti anda juga sering menggungah foto,video ataupun moment indah,lucu atau mood anda di instagram melalui insta story.

Mau bikin Insta story yang keren, menarik hingga kebanjiran viewers dan viral? makanya simak dulu tips tips lengkap Membuat Insta Story Yang Keren, Viral dan Menarik dibawah ini :

Tips dasar Membuat Insta Story yang Keren

Atur warna pulpen

undefined

 

Ketuk ikon pulpen di pojok kanan atas layar. Kamu bakal lihat beragam pilihan warna. Tekan salah satu warna, nanti akan muncul spectrum warna lengkap.

Tanpa mengangkat jari dari layar, seret pointer menuju corak yang kamu inginkan.

Gunakan Stiker Selfie

Cara buat stiker selfie Instagram
Instagrammer sekarang bisa membuat stiker dari foto selfie. Caranya, saat akan menambahkan stiker, akan ada ikon kamera.

Tap ikon tersebut untuk mengambil mini-selfie. Setelah mengambilnya, tap untuk mengubah-ubah gaya frame yang diinginkan: fade out gaya bingkai yang berbeda: fade, lingkaran atau kotak.

Seperti stiker lainnya, stiker selfie juga bisa diatur-atur letak maupun ukurannya. Tambahkan tool kreatif lain sesuka Anda, bisa dengan menambahkan coret-coretan maupun stiker lain.

Stiker selfie ini juga dapat ditambahkan ke video. Tap dan tahan stiker, pindahkan objek mana saja, lalu konfirmasi dengan tap ‘Pin’. Penyematan dapat dilakukan untuk stiker dan teks apa pun, termasuk video Boomerang dan hands-free.

Tambahkan GIF di Insta Story Kamu

Pertama-tama, buat konten Instagram Stories seperti biasanya, baik dalam bentuk foto atau video.

Selanjutnya, pilih ikon untuk mengakses stiker di sisi atas antarmuka Instagram Stories.

Anda bakal menemukan kolom pencarian GIF dari Giphy di bawah stiker lokasi dan ikon kamera.

Pilih ikon untuk pencarian GIF, lantas masukkan kata kunci apa saja, semisal “kucing”, “tarian”, “burger”, dan sebagainya. Pilih GIF yang Anda suka, lalu akan muncul sebagai pemanis pada konten Instagram Stories.

Jika Anda tinggal atau sedang berpergian ke Chicago, London, Madrid, atau Tokyo, sekarang sudah ada geostiker untuk kota-kota tersebut.

Pakai Geostiker di 4 Kota Baru

 

Cara Bikin Instagram Stories Jadi Lebih Kreatif

Semua geostiker dirancang oleh anggota komunitas Instagram lokal untuk menghidupkan kota mereka. Kita bisa melihat designer stiker yang membuatnya, untuk tahu lebih banyak semua karya stiker yang dibuatnya.

Di lokal sendiri sejauh ini sudah ada stiker Jabodetabek yang dirilis beberapa waktu lalu. Instagram berjanji akan memberikan lebih banyak geostiker untuk kota-kota lain di Indonesia.

Gunakan dua caption untuk memberikan efek bayangan

undefined

 

Tambahkan caption pertama pada foto dan tempatkan di posisi yang kamu suka. Gunakan warna netral, seperti putih atau hitam, untuk memberikan efek bayangan.

Setelah itu, tambahkan caption kedua dengan kata atau kalimat dan ukuran yang sama, tapi dalam warna yang berbeda. Posisikan di atas caption pertama dengan agak serong.

 

Simpan foto, lalu unggah kembali untuk membuat layer

undefined

 

Pertama, tambahkan caption pada foto dan dekorasikan sesuka hati, simpan ke galeri, lalu unggah kembali. Tambahkan caption kedua dengan menimpa pada caption pertama.

 

Kreasikan latar caption

undefined

 

Saat menambahkan caption, kita bisa memilih tiga jenis latar kotak, yakni full, berbayang, dan tanpa latar. Nah, kalau enggak suka dengan bentuk kotak, kita bisa mengakalinya dengan membuat latar menggunakan pen tool untuk menggambar bentuk sesuka hati.

 

Teks enggak perlu dalam ukuran dan warna yang sama

undefined

 

Biar enggak monoton, kita bisa bikin caption per kata dengan ukuran dan warna yang berbeda nih. Emang menghabiskan waktu lebih banyak sih. Tapi, hasilnya setimpal kok. Jadi lebih unik!

Gunakan emoji untuk menambahkan efek

undefined

 

Setelah mengambil foto atau video, geser layar ke atas atau tekan ikon sticker. Pilih emoji yang kita pengin, lalu perbesar ukurannya. Terakhir, posisikan di tempat yang kita suka.

Contohnya, emoji bola kasti bisa kita pakai untuk efek cahaya neon nih.Ubah wajah kita jadi sticker

undefined

 

Tekan ikon sticker, pilih ikon kamera. Wajah kita bakal muncul di tengah layar (kita bisa memilih tiga jenis batas foto, yakni kotak, lingkaran, dan tanpa batas dengan cara mengetuk wajah di layar).

Ambil foto dengan mengetuk lingkaran putih di bawah wajah. Ubah ukuran dan posisikan sesuka hati. Kita bisa menambahkan jumah sticker foto sebanyak apapun yang kita suka.

Gunakan warna tersembunyi pada sticker

undefined
nymag.com

 

Instagram punya sticker bernama “day of the week” atau sticker nama hari. Kalau kita menggunakan sticker itu lalu mengetuknya, warnanya akan berubah menjadi putih.

Kita bisa mengkreasikannya dengan menambahkan latar belakang warna lain menggunakan pen tool.

Buat lapisan warna untuk membuat penasaran

undefined

 

Kalau kita pengin berbagi info soal foto dan video sebelum benar-benar mengunggahnya (biar bikin penasaran), trik ini cocok banget.

Klik pen tool dan pilih warna yang disuka. Ikon pulpen berujung tajam (kedua dari kiri) bakal menghasilkan layer yang tembus cahaya, sedangkan ikon pertama dari kiri menghasilkan layer penuh.

Tips Lanjutan Membuat Insta Story keren dan menarik

Tentukan Tema Cerita

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan cerita yang ingin dibagikan lewat Instagram Stories.

Apakah kamu akan membagikan kegiatan sehari-hari dengan cara merekam langsung lewat in-app camera di Stories, membuat video singkat dalam beberapa klip pendek di Stories atau mungkin sederetan foto cantik yang diedit terlebih dahulu lewat komputer.

Pastikan bahwa konten yang kamu bagikan memiliki nuansa cerita atau hal eksklusif yang hanya dapat ditonton lewat Stories tersebut.

Sehingga penonton dari cerita tersebut ingin kembali lagi untuk melihat konten lainnya dalam waktu yang akan datang.

Konten Vertikal adalah Segalanya

Instagram Stories menggunakan konten foto atau video vertikal alias tegak.

Pastikan setiap foto atau video yang kamu bagikan ada dalam format tersebut agar menjamin tampilan yang penuh.

Hindari untuk menggunakan foto atau video mendatar dan memberikan tepian kosong di bagian atas atau bawah. Hal tersebut akan membuat terlalu banyak ruang kosong sia-sia dan tidak sedap untuk dinikmati penonton.

Bagaimana cara mendapatkan video vertikal untuk Instagram Stories? Ada 2 cara mudah yang dapat kamu lakukan yaitu rekam video menggunakan iPhone atau kamera digital dengan mode tegak.

Atau gunakan mode mendatar namun pastikan objek utama yang ingin kamu rekam ada di bagian tengah layar jika dipotong menjadi mode vertikal nantinya.

Video dan Foto, Kombinasikan Saja!

Secara format dokumen, Instagram Stories mendukung konten foto dan video.

Pastikan kamu menggunakan keduanya secara bergantian dan saling melengkapi.

Jangan terlalu sering menggunakan video karena bisa saja penonton Stories kamu tidak memiliki koneksi internet yang cukup untuk memutar video setiap saat.

Namun juga jangan selalu mengandalkan foto karena kesannya sangat monoton apalagi dalam jumlah yang banyak.

Edit Gambar dan Video dengan Aplikasi yang Tepat

 

Kamu tidak harus menggunakan mode jepret kamera atau video di Instagram Stories untuk membuat konten. Silakan gunakan kreativitas kamu untuk membuat gambar dengan desain yang menarik, edit video dengan komputer atau mungkin langsung di perangkat iOS lewat aplikasi tambahan.

Syarat mutlak yang harus kamu tahu adalah aplikasi edit video atau foto tersebut mendukung konten dalam format tegak.

Baca juga : 5 Aplikasi terbaik untuk Edit Insta Story di Instagram

Lebih Interaktif dengan Stiker, Polls, Teks Berwarna dan Pesan Langsung

Instagram Stories punya banyak sekali konten Stiker dan hiasan pelengkap lainnya yang dapat kamu gunakan. Misalkan untuk Stiker, silakan gunakan untuk membuat foto kamu tampil lebih menarik dan unik.

Cara lain adalah menggunakan Hashtag Sticker, Polls atau teks dengan warna warni sesuai mood yang ingin kamu tampilkan.

Karena Instagram Stories juga mendukung mode pesan langsung, silakan gunakan fitur ini untuk membuat konten kamu terasa lebih interaktif.

Misalkan dengan cara lempar pertanyaan di Instagram Stories dan meminta penonton kamu menjawabnya lewat mode pesan langsung.

Bagikan Stories di Waktu Favorit

Konten yang menarik, informatif dan sudah tersusun rapi akan menjadi sia-sia saja jika kamu tidak melemparkannya di waktu yang tepat. Ya, pastikan kamu mengamati waktu yang paling tepat untuk membagikan konten di Instagram Stories.

Apakah pagi hari sebelum beraktifitas, siang hari saat istirahat makan siang atau mungkin di malam hari sebelum tidur?

Cara terbaik untuk melihat semua hal tadi adalah menggunakan Insight dan waktu paling banyak dari para penonton memberikan reaksi dari konten tersebut.

Cek Insights

Jika kamu sudah menggunakan akun Instagram untuk Bisnis, mempelajari Insights (Wawasan) adalah salah satu hal wajib. Data yang dapat diperoleh dari Insights adalah jenis kelamin, rentang usia, lokasi dan banyak hal lainnya.

Kiriman yang paling sering mendapatkan respon atau interaksi juga akan terlihat dengan lebih mudah dan lengkap lewat mode Insights.

Setelah mengamati Insights, tentukan konten berikutnya yang ingin kamu bagikan.

Misalkan jika penonton kamu di usia remaja, bagikan konten yang bersifat edukatif atau mudah dicerna oleh usia muda.

Dari Stories, Ajak ke Feed Instagram

Feed di Instagram menggunakan algoritma yang akan menampilkan konten dari akun favorit kamu menjadi lebih sering atau selalu tampil lebih dahulu.

Dengan cara tersebut, akun baru yang masih mendapatkan sedikit interaksi dengan Followers akan lebih mudah “tenggelam” alias tidak tampil. Salah satu cara menyiasati hal tersebut adalah menggunakan interaksi di Instagram Stories.

Kamu bisa membuat sebuah Stories dengan info mengenai posting baru di feed Instagram.

Atau buat sebuah pengumuman bersambung, quiz serta beberapa contoh kegiatan lainnya yang dapat mengajak pengguna untuk menuju ke profile kamu di Instagram.

Cara ini diketahui cukup ampuh untuk mendapatkan perhatian dari para pengguna Instagram Stories untuk melakukan interaksi lanjuta di Feed Instagram.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa follow ihsan magazine di Instagram.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close