Praktikkan 10+ Cara ini, Agar Tidurmu Tetap Pulas Walau Cuaca Panas. Mudah, Tapi Ngaruh Banget!

[ad_1]

Tidur saat cuaca lagi panas-panasnya memang menyebalkan. Biasanya yang tahu gimana rasanya ada di kondisi seperti ini sih anak kos, terutama mereka yang nggak ada AC atau kipas angin di kamarnya. Meskipun udah buka jendela dan pintu, kadang masih aja panas. Nggak jarang lho mereka sampai rela tidur tanpa baju dan berujung masuk angin di pagi harinya.

Padahal kalau menurut ahli, tidur malam yang nyenyak itu penting banget lho buat menyiapkan fisik dan pikiran keesokan harinya. Kamu pasti pernah deh bangun-bangun malah ngerasa capek banget gara-gara tidurnya nggak nyenyak. Nah, untuk mengatasi cuaca panas sebagai salah satu faktor yang bikin tidur nggak berkualitas, Hipwee Tips udah merangkum cara-caranya nih buat kamu. Lumayan lho nggak perlu beli AC atau kipas angin, karena triknya cukup gampang dan murah meriah! Yuk, simak bareng! Yang anak kos, mari merapat~

1. Siapkan ‘selimut dingin’ sebelum kamu tidur. Caranya dengan memasukkan selimutmu ke kantong plastik, dan biarkan di freezer beberapa menit sebelum jam tidurmu tiba

Masukkan selimut ke freezer via housekeeping.wonderhowto.com

2. Selain selimut, kamu juga bisa kok ‘mendinginkan’ sarung bantalmu. Siapa tahu, selimutmu terlalu besar untuk dimasukkan ke kulkas/freezer

Sarung bantal, sarung guling, semua juga bisa didinginkan! via www.purlalpacadesigns.com

3. Masukkan botol berisi air ke dalam kulkas beberapa jam sebelum tidur. Nah, saat kamu udah bersiap di tempat tidur, letakkan botol itu di titik pendinginan tubuhmu, seperti lutut, pergelangan kaki dan tangan, leher, selangkangan, dan siku

Dinginkan air di dalam botol via id.pinterest.com

4. Kalau kamu punya kain flanel sisa, dinginkan juga di kulkas. Saat sudah mau tidur, letakkan kain flanel dingin tersebut di dahi. Seketika sensasi dingin akan terasa di sekujur tubuh

Flanel dingin via blog.gameready.com

5. Jika kamu punya botol spray bekas, kamu bisa lho mengisinya dengan air dingin dan membawanya ke tempat tidur. Jadi kalau kepanasan, tinggal semprotkan ke wajah, leher belakang, atau punggung lutut untuk mendinginkan

Semprot aja pakai air dingin via khoahocdoisong.vn

6. Jaga kakimu tetap dingin dengan meletakkannya di atas kantong berisi es. Kalau kantongnya bisa mengembun, tempatkan alas anti basah biar spreimu tetap kering semalaman

Kantong berisi es for the rescue~ via www.shemadethemove.com

7. Nah, selain cara-cara di atas, kamu juga perlu perhatikan bahan kain sprei dan baju tidurmu. Usahakan pilih yang berbahan katun, biar dingin dan menyerap keringat

Pilih yang berbahan katun via www.independent.ie

8. Hindari olahraga di malam hari karena akan malah membuat tubuhmu berkeringat. Sebagai gantinya, berolahragalah di pagi harinya saja

Olahraga di pagi hari via www.cyclingweekly.com

9. Mengontrol asupan makanan harian ternyata juga perlu dilakukan lho. Biar tubuh senantiasa “dingin”, kamu perlu menghindari terlalu banyak protein, karena protein bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh dan membuat tubuh terasa lebih panas

Hindari terlalu banyak protein via www.shape.com.sg

10. Nggak selamanya makanan pedas itu berbahaya. Asal nggak berlebihan sebenarnya nggak masalah. Karena makan makanan pedas sekitar 3 jam sebelum tidur akan membuatmu berkeringat dan mendinginkan tubuh saat akan tidur lho

Makan makanan pedas via www.sweatblock.com

11. Tubuh bisa tetap dingin kalau asupan cairan bisa terpenuhi. Jadi minumlah air secara teratur selama pagi sampai malam hari, jika ingin tidurmu berkualitas

Minum secara teratur via www.healthline.com

Banyak yang bilang mending kedinginan daripada kepanasan. Soalnya kita memang cenderung lebih mudah menghangatkan diri dibanding mendinginkan tubuh. Tapi, setelah membaca tips-tips di atas, kamu jadi punya referensi bagaimana cara untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin, ‘kan? Hehe… Anyway, selamat mencoba ya guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya



[ad_2]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close