Persoalan ‘Siapa Yang Bayar’ di Tiap Negara itu Beda-beda. Inilah Tradisi Membayar 10 Negara di Dunia

Kalau lagi major sama teman kemudian santap bersama, biasanya siapa sih yang bayar makanannya? Kamu? Atau temanmu?

Nah, persoalan bayar membayar ini tidak lepas dari kebiasaan dan tata krama suatu tempat lho. Bahkan, antar negara memiliki cara sendiri yang dianggap begitu sopan buat urusan ini. Terdapat yang suka membagi tagihan sama rata padahal terdapat satu yang makannya cuma kecil, terdapat yang mengharuskan anggota begitu tua membayar semuanya, bahkan terdapat juga yang membayar sendiri-sendiri sesuai dengan apa yang dimakan.

Terdapat lho sebuah ungkapan populer dalam bahasa Inggris adalah “Dutch Pay” dimana itu artinya orang membayar sendiri-sendiri sesuai dengan pesanannya. Disebut paling karena masuk akal mengacu pada kebiasaan orang Belanda saat santap bersama. Kebiasaan itu juga dibawa oleh imigran yang datang ke Amerika sehingga muncul istilah tersebut. Padahal tidak hanya Belanda yang menganut tata krama seperti itu lho. Tapi yang perlu diingat yaitu tiap negara emang memiliki cara yang berbeda tapi itu tidak mutlak kok, diatur juga dengan situasi dan kondisinya. Mau tahu kebiasaan “siapa yang bayar” dari sekian banyak negara? Yuk baca bersama Hipwee Information & Function!

1. Dimulai dari Negara Belanda yang biasanya membayar makanan sendiri-sendiri saat santap bersama sampai muncul istilah “Dutch Pay”. Istilah tersebut meluas digunakan untuk menggambarkan kebiasaan tersebut

Selalin dutch pay, mereka juga menyebutnya pass dutch by the use of www.hipwee.com

2. Korea Selatan tidak kenal istilah patungan saat terdapat acara santap bersama. Lelaki yang begitu tua harus membayar semua tagihannya, tidak peduli berapa besar tagihan tersebut

Dapat jadi langsung bangkrut dalam sehari deh by the use of www.hipwee.com

three. Lain halnya di Amerika Serikat. Mereka terbiasa membagi tagihan dengan sama rata. Hanya bayar yang dipesan dianggap tidak biasa serta memisahkan tagihan dibilang merepotkan

Yang vitamin pun ikut bayar harga orang yang santap customary, namanya break up the invoice by the use of www.hipwee.com

four. Kalau diajak santap oleh teman di Thailand, jangan menawarkan buat memisahkan tagihannya deh karena yang mengajak akan membayar makanan tersebut

Emang sih ini yaitu salah satu memperlakukan tamu adalah dengan membayar makanan mereka by the use of www.hipwee.com

five. Di Swedia, terdapat restoran yang menawarkan untuk membayar makanan sebelum memesannya karena biasanya, orang Swedia membayar sendiri-sendiri untuk apa yang dipesan dan dimakan

Buat mengantisipasi, orang dapat bayar dulu saat order by the use of www.hipwee.com

6. Sedangkan di Australia, restorannya tidak menawarkan buat memisahkan tagihan. Biasanya orang-orang akan membagi sama rata atau terkadang orang dengan penghasilan tertinggi akan membayar lebih ramai

Karena memiliki penghasilan tinggi, lebih ramai deh bayarnya by the use of www.hipwee.com

7. Secara tradisional, anggota lelaki begitu tua di India yang akan membayar tagihan. Tapi, untuk anak mudanya, mereka biasa untuk membagi tagihan sama besar

Kalau anak muda sih bayar sendiri-sendiri, toh mereka belum memiliki penghasilan ‘kan by the use of www.hipwee.com

eight. Orang dewasa di Filipina menganggap bahwa membayar tagihan itu sebuah kehormatan walaupun diprotes oleh tamunya. Malah, para tamu itu usai diprediksi akan menolak untuk ditraktir

Pengundang harus berantem dahulu sama tamu agar dapat membayar makanan itu by the use of www.hipwee.com

nine. Vietnam memiliki anggapan yang mirip dengan orang dewasa di Filipina. Bagi mereka, membayarkan makanan yaitu kehormatan tetapi tamu akan dianggap tidak sopan kalau menolaknya

Rejeki tidak boleh ditolak by the use of www.hipwee.com

10. Kalau santap bersama di Kanada, maka kalian hanya perlu membayar apa yang dipesan dan dimakan. Pembayaran dilakukan dengan tagihan terpisah jadi lebih mudah deh buat setiap orang yang santap

Tagihan dipisah biar lebih mudah by the use of www.hipwee.com

11. Di Italia, membayar dapat dilakukan dengan membagi tagihan sama rata atau membayar sesuai pesanan. Tapi kalau santap dengan relasi, maka yang begitu tua biasanya akan membayar makanannya

Yang lebih tua harus membayar makanannya by the use of www.hipwee.com

12. Di Indonesia sendiri tidak terdapat patokan khusus soal siapa yang bayar, tapi kalau masih usia sekolah biasanya bayar sendiri-sendiri. Saat udah dewasa dan berpenghasilan, membayarkan makanan jadi kebanggaan tersendiri

Cocok tidak sih sama keadaan di Indonesia? by the use of www.hipwee.com

Kalau menurutmu, apa sih cara begitu akurat dan menyenangkan untuk urusan bayar-membayar ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close