Panduan Praktis Bikin Visa Turis ke Korea Selatan. Biar Bisa Segera Ketemu Idola di Korea!

0
4

Korea Selatan selalu punya daya tarik tersendiri. Selain cerita drakor yang menarik dan selalu bikin penasaran di setiap episodenya, setting lokasi syuting drakor di Korea Selatan juga jadi salah satu daya tarik yang menarik. Apa iya Korea Selatan seindah di drama-drama itu? Penasaran nggak sama aslinya?

Hal pertama yang perlu kamu tempuh untuk bisa membuktikan indahnya Korea Selatan adalah dengan datang sendiri ke sana.

Nah, langkah awalnya yaitu dengan membuat visa Korea Selatan. Kita yang warga negara Indonesia emang masih butuh visa untuk masuk ke Korea Selatan. Agak ribet sih, tapi asal ikut prosedur dapat visa Korea Selatan nggak ribet kok. kasih tahu caranya step by step buat kamu semua.

Dokumen untuk syarat visa Korea Selatan nggak banyak lho. Tapi harus lengkap ya biar lolos.

Teliti dokumen yang dibutuhkan untuk apply visa via www.pexels.com

Ini adalah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengurus visa Korea Selatan. Hipwee Travel susun berdasarkan urutannya:

  1. Formulir aplikasi visa yang bisa diunduh di website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia, klik di sini.
  2. Paspor asli dan foto copy paspor lama (kalau ada). Kalau kamu pernah ke USA atau negara anggota OECD kamu sertakan foto copy visanya. Daftar negara OECD bisa klik di sini.
  3. Surat keterangan kerja untuk yang sudah bekerja, surat keterangan mahasiswa untuk yang masih mahasiswa. Semuanya dalam bahasa Inggris. Untuk wiraswasta lampirkan juga foto copy SIUP.
  4. Dokumentasi keuangan, seperti rekening koran, surat bukti pemotongan pajak (SPT), slip gaji. Kalau masih mahasiswa dan tidak bekerja berarti dokumentasi keuangan dari orang tua, kalau sudah menikah dan tidak bekerja berarti dokumentasi keuangan dari suami/istri.
  5. Foto copy kartu keluarga. Dokumen ini hanya diperlukan kalau kamu diundang oleh keluarga di Korea Selatan, atau kalau kamu pergi bersama keluarga dan menggunakan dokumentasi keuangan yang sama, misal pergi dengan ibu dan menggunakan dokumentasi keuangan ibu, berarti kamu harus melampirkan foto copy kartu keluarga untuk membuktikan bahwa kamu memang anaknya ibu.

Dokumen-dokumen ini harus ditata secara urut sesuai dengan urutannya, di-staples dan dimasukkan ke dalam amplop yang rapi.

Isi formulir pengajuan visa Korea Selatan dengan teliti. Isinya mesti pake huruf cetak dan dalam bahasa Inggris atau Bahasa Korea.

Kamu harus unduh sendiri formulir pengajuan visa Korea Selatan dari website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia. Link-nya bisa klik di sini.

Kalau kamu cuma turis biasa ya unduh aja yang Visa Application Form. Ada juga Calling Visa Application Form untuk yang punya Visa Insuance Number.

Formulir yang diajukan ke kedutaan sudah ditempel foto. Pihak kedutaan sendiri nggak menulis syarat fotonya seperti apa. Kamu bisa pake pas foto latar putih ukuran 4×5.

Kamu bisa urus sendiri ke Kedutaan Besar Korea Selatan dengan membawa dokumen lengkap. Kamu juga bisa pakai jasa travel agent langganan meskipun lebih mahal

Urus visa sendiri atau lewat travel agent? via www.pexels.com

Mengurus sendiri visa turis Korea Selatan nggak sulit kok. Semua dokumen tadi tinggal kamu serahkan ke kantor kedutaan. Pengajuan aplikasi visa adalah pada jam 09.00 – 11.30 WIB. Pengambilan visanya pada jam 13.30 – 16.30. Jangan salah jam ya. Lama proses pembuatan visasendiri minimal 6 hari kerja, jadi bisa lebih. Biaya pembuatan visa turis beda-beda, tergantung kamu apply untuk single entry atau multiple entry atau double entry.

Single visa (kunjungan di bawah 90 hari) : Rp544.000

Multiple visa (berlaku untuk 5 tahun) : Rp1.224.000

Double visa (dua kali masuk berlaku untuk 6 bulan) : Rp952.000

Biaya ini nggak bisa dikembalikan apabila prosesnya kamu batalkan maupun visamu ditolak. Biaya ini hanya berlaku jika kamu mengurusnya sendiri. Biaya pembuatan visa melalui jasa travel agent tentu akan lebih mahal.

Hal-hal lain yang membuat kemungkinan visa Korea-mu lolos lebih besar. Simak baik-baik.

Korea, here I come via www.pexels.comSHARETWEETPIN

Kalau menurut website resmi kedutaan Korea Selatan, tiket pesawat dan bukti booking penginapan di Korea Selatan bukan jadi penentu kita bakalan lolos visa turis Korea Selatan lho. Bahkan pihak kedutaan tidak membuat tiket dan bukti booking penginapan menjadi syarat dokumen mengurus visa Korea Selatan.

Kalo pengalaman Hipwee Travel sih, tambahin surat pernyataan yang menyatakan kalo kamu bakal balik ke Indonesia dengan alasan masih harus lanjut kuliah, atau harus bekerja lagi. Kalau perlu surat pernyataan itu diberi materai. Hipwee Travel juga menyertakan perkiraan budget selama jalan-jalan di Korea Selatan. Jadi ketahuan kalo uang yang dipunya di tabungan pasti cukup untuk jalan-jalan di sana.

Mengurus visa turis ke Korea Selatan nggak ribet kan. Yang penting ikutin aja syarat-syaratnya. Kalo syaratnya sesuai, kemungkinan lolos besar kok. Kan reward-nya bisa travelling ke Korea Selatan, menikmati alam dan budaya Korea Selatan yang jadi pengalaman berharga seumur hidup. Yuk travelling!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here