Mau Kuliah Sambil Kerja? 5 Cara Ini Akan Buatmu Nggak Keteteran Mengatur Waktu!

Kuliah sambil bekerja pasti bukan hal yang mudah, mengingat ramai tugas menanti untuk segera dikerjakan. Kadang Anda bahkan tak punya keadaan untuk diri sendiri lantaran amat sibuk menuntut ilmu di kampus bersamaan dengan bekerja di kantor.

Tak heran, jika sebagian besar mahasiswa akhirnya harus memilih antara meneruskan belajar atau berhenti kuliah dan lanjut bekerja. Padahal mengatur keadaan ketika kuliah sambil bekerja bisa dilakukan meski benar benar terasa susah.

Anda tetap dapat sukses menjalani pekerjaan hingga meraih gelar sarjana dari kampus. Saya yaitu mahasiswa semester 2 di kampus STMIK Triguna Dharma .Saya kuliah jurusan “Sistem Informasi”.Disamping itu saya bekerja menjadi body of workers administrasi di ELtech Indonesia mulai dari jam 08.00 pagi sampai jam 15.00 sore,kemudian saya masuk kuliah mulainya jam 17.00 sore sampai 21.30.

Ramai yang bertanya kepada saya seperti ini..

“Kak, apa gak capek kuliah sambil kerja?”

“Ah sangat sampean habis ini, surrender kerja atau dropout kuliah..”

“Kalau terdapat tugas ramai gimana tuh kak,?”

Berikut empat cara atur keadaan bagi yang sedang kuliah sambil bekerja:

1. Diskusi Dengan Dosen

Anda dapat membicarakan keadaan kuliah dan waktu kerja pada dosen pembimbing di kampus. Minta beberapa saran jika terdapat kelas yang dapat diikuti secara on-line atau meminta jadwal kuliah yang lebih fleksibel.

Ramai kampus yang kini usai mulai menawarkan manajemen keadaan kerja, dan terdapat beberapa cara yang dapat dicoba. Anda juga perlu membahas waktu tersebut dengan atasan di kantor.

Terdapat beberapa keadaan di mana Anda tak dapat masuk kantor karena terdapat kegiatan lebih penting di kampus seperti ujian.

2. Nggak Mudah Mengeluh

Terkadang kuliah sambil bekerja memakan ramai keadaan kita setiap hari bahkan kita hanya memiliki keadaan kurang untuk refreshing . Bahkan saat libur kuliah sekalipun kita tetap bekerja, jadi manfaatkan keadaan libur kuliah untuk me-refresh kan diri . Masuk akal terkadang sifat jenuh itu terdapat,karena kita amat bosan dengan hari-hari yang setiap hari kita jalani. Saya penah mengeluh setelah setahun kuliah sambil bekerja,tapi ramai motivasi dari kawan dekat saya untuk tetap semangat menjalani keduanya.

“Jalani aja, tetep semangat dengan kesibukan ini. Mumpung masih muda, banyak-banyakin pengalaman dan jangan lupa beribadah,karena mengejar kocek amat ramai sampai melupakan Tuhan kita,itu salah”

Dengan modal kalimat itu, dan ya saya memilih untuk tetap keep di pekerjaan ini dan kuliah di kampus perjuangan tersebut.

Yaudah dijalani aja mau gimana lagi? Toh ini juga pilihan kita hehe. Toh kita juga gak melakukan hal yg salah, gak melakukan hal yang bersifatnya merugikan? Saya gak nyolong, saya bukan begal, saya hanya mahasiswa kelas karyawan yang memiliki kesibukan dan jutaan teman-teman yang menolong saya untuk bangkit jika saya dalam kondisi terpuruk 🙂

Jika anda cukup berani memutuskan untuk bekerja dan kuliah di keadaan yang sama, seharusnya lebih mudah memutuskan untuk menjalaninya hingga tuntas. Jangan menyerah, dirimu hebat lebih dari yang anda pikirkan!

three. Gunakan skala prioritas

Orang sukses begitu memahami kegiatan, bagaimana memanfaatkan keadaan dan realistis menghadapi situasi yang terdapat. Yang terpenting yaitu Anda mampu memprioritaskan tugas di kampus dan kantor. Anda tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dulu dan lebih penting. Pandai mengatur prioritas akan memudahkan Anda mengatur keadaan kuliah dan kerja.

four. Fokus

Tetap fokus yaitu salah satu kunci mengatur keadaan di kampus dan kantor. Pastikan juga Anda nggak memikirkan tugas kuliah ketika berada di kantor, sangat juga sebaliknya.

Belajar juga dari kesalahan yang telah dilakukan dan kerjakan tugas-tugas dari kantor dan dosen sebaik mungkin. Ingat selalu berusaha lakukan yang terbaik tak peduli seberapa ketat jadwal Anda.

five. Istirahat cukup

Kopi bukan jalan keluar ketika harus mengerjakan tugas kuliah dan kantor bersamaan. Ketika jadwal kian padat, pastikan Anda tetap istirahat teratur. Kecil istirahat justru bisa membuat pekerjaan lebih susah karena bisa memicu gangguan kesehatan psychological, fisik, meningkatkan stres dan seluruh jadwal kerja dan kuliah terganggu. Mengatur keadaan bukanlah kemampuan yang dapat datang sangat saja. Butuh keadaan hingga Anda bisa melakukannya dengan menawan.

Kerja keras dan ketekunanmu dalam bekerja & belajar benar benar tak menjamin suksesmu di masa depan. Tapi benar benar adakah kesuksesan hadir tanpa kerja keras dan ketekunan? Ini kehidupan nyata, bukan media yang kalian baca dan tonton .

Kita sepakat bahwa dengan kuliah dan kerja diwaktu yang sama, justru melatih untuk menyelesaikan tanggungjawab, membagi keadaan, memenuhi goal dan menyelesaikan masalah yang sangat besar sejak dini. Jika kamu dapat memulai, terlebih melewatinya, dirimu akan lebih dekat dengan masa depan yang lebih cerah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini ialah kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya ialah tanggung jawab pengirim.”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close