AndroidTips Trik

10 Cara Mengatasi Kamera Error Tidak Bisa Terbuka Di Android

Ini dia Cara Mudah Untuk Atasi Kamera dan Galeri yang tidak bisa dibuka

Bagi anda yang sering mengalami aplikasi kamera anda tidak bisa terbuka ataupun galeri anda, ada beberapa kasus seperti “Unfortunately Gallery Has Stopped” atau “Maaf kamera telah berhenti” ataupun tiba tiba ketutup sendiri tanpa pesan error yang muncul.

Maka dari itu, disini saya akan kupas tuntas dengan cara mudah atasi kamera android error tidak bisa terbuka juga galeri nya.

Cara Mengatasi Kamera Error Tidak Bisa Terbuka Di Android

Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti Pada Android

Setiap smartphone Android entah itu dari Samsung Galaxy, Oppo, Sony Xperia, ASUS, Smarfren Andromax, Lenovo, Vivo, LG, Advan, Xiaomi dan yang lainnya, telah dibekali dengan aplikasi galeri bawaan untuk membuka file media yang tersimpan. Aplikasi galeri tersebut akan melakukan scanning baik itu terhadap file yang tersimpan di memori internal maupun microSD. Untuk mengatasi aplikasi galeri tidak bisa dibuka atau muncul kesalahan Sayangnya Galeri Telah Berhenti tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Galeri Android Berhenti dan Tidak Bisa Dibuka

 

1. Bersihkan Cache dan Riwayat Smartphone.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki galeri Android yang error adalah dengan membersihkan cache dan history didalam smartphone.

Gunakan aplikasi pembersih sampah seperti Clean Master atau aplikasi Cleaner yang biasa Anda gunakan.

atau dengan cara manual seperti :

  • Buka Setting/Penganturan
  • Kemudian pilih Setelan Tambahan
  • Pilih Manajemen Aplikasi (atau Aplikasi)
  • Lalu Pilih Tab “Semua” dan cari Aplikasi Kamera / Galeri anda
  • Selanjutnya Pilih Hapus Cache, Hapus Data dan Paksa Berhenti

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Galeri.

Solusi mengatasi galeri terhenti tiba-tiba adalah dengan memaksanya berhenti dan menghapus data aplikasi terebut. Tujuannya untuk melakukan reset terhadap aplikasi galeri agar datanya kembali kosong.

Caranya tap Settings » Manager Aplications » All  » Gallery kemudian tap tombol Force Stop dan Clear Data.

3. Matikan Smartphone dan Reboot

Jika muncul kesalahan Sayangnya Galeri Telah Berhenti setelah Anda menerima gambar dari smartphone lain atau foto yang dipindahkan dari kamera DSLR, matikan smartphone tersebut kemudian cabut baterai, kartu SIM dan microSD. Biarkan smartphone tidak menerima daya selama beberapa detik kemudian pasangkan kembali dan lakukan reboot.

4. Pindahkan File Media ke MicroSD

Agar beban kapasitas memori internal smartphone tidak penuh yang menyebabkan aplikasi galeri tidak bisa dibuka, pindahkan berbagai file foto dan video ke memori eksternal yakni microSD. Caranya, buka aplikasi file maganer/file explorer kemudian gunakan fitur “Move/Pindah” ke folder di microSD.

5. Gunakan Aplikasi Kamera/Galeri Pihak Ketiga.

Aplikasi galeri bawaan biasanya kurang begitu banyak memiliki fitur atau memiliki banyak kekurangan saat melakukan scan sehingga foto sulit muncul.

Tetapi anda bisa menggunakan Aplikasi Kamera / Galeri pihak ketiga yang ada di Playstore, salah satunya ada Open Camera, QuickPic, dan lain lain.

Baca : Aplikasi Kamera di Android Terbaik

6. Update OS Android

Demi mendapatkan kinerja dan performa terbaik, Anda seharusnya menggunakan versi Android terbaru jika sudah tersedia untuk perangkat Anda. Hal ini pun biasanya akan memberikan fitur terbaru dan big fixing terhadap terjadinya banyak kesalahan atau error. Termasuk sering munculnya pesan sayangnya galeri telah berhenti. Caranya tap Settings » About device » Sopware Updates » Update now.

7. Lakukan Factory Reset

Saya tidak menyarankan hal ini tetapi menjadi pilihan terkahir jika aplikasi galeri Anda masih sering menutup sendiri. Lakukan factory reset untuk memperbaiki system yang error sehingga smartphone Anda akan kembali ke pengaturan awal dan seperti baru. Pastikan untuk membackup akun sebelum melakukannya. Caranya tap Settings » Backup and reset » Factory data reset.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close