Android

Cara Membuat Website Seperti Random.org

Random.org adalah situs yang menyediakan fitur dimana situs tersebut akan memberikan sebuah nomor secara acak sesuai dengan pilihan yang kita inginkan.

Biasanya situs random.org sering digunakan sebagai undian dari sebuah giveaway atau bagi-bagi hadiah, namun dibalik kerennya situs random.org, ternyatan cara membuat situs random.org sangat mudah dan mungkin bisa dibuat hanya dalam 2 detik saja.

Baca juga: Cara Install WordPress di Localhost Menggunakan XAMPP

Persiapan

Aplikasi XAMPP untuk test tanpa koneksi internet, atau bisa menggunakan hosting/cpanel

Cara membuat situs seperti random.org bisa menggunakan bahasa pemograman PHP (Hypertext Preprocessor) dengan menggunakan function rand(), function rand() adalah sebuah function sederhana untuk memberikan hasil random dari variables yang dimasukan didalam function rand() tersebut. Berikut ini tutorial sederhana penggunaan function random

Contoh hasil dari script sederhana diatas aadalah

Setelah mengenal function rand(), sekarang kita masuk pada bagian untuk membuat sistem sederhana seperti situs random.org, script yang kita perlukan adalah dengan membuat 2 variables ( $min dan $max ) yang dimana value dari kedua variables tersebut adalah angka pertama dan angka kedua ( minimal dan maksimal ), contoh penerapan scriptnya adalah seperti ini.

Dari hasil script di atas, respon yang dikeluarkan sama dengan script sederhana sebelumnya. namun perbedaan dari kedua script diatas adalah penggunaan variables yang dipisakan, bisa dilihat secara jelas bahwa dari kedua script tersebut, untuk script kedua penempatan angkanya berada di luar function rand() dan menggunakan variables $min dan $max.

Setelah memahami script di atas, sekarang kita masuk ke tutorial bagian dimana membuat form atau formulir sederhana seperti pada situs random.org, disini kita memerlukan sebuah 2 form input dan 1 form submit, lalu memberikan sebuah action untuk memunculkan hasil dari function rand(), jadi untuk bagian ini, kita memerlukan 2 file, yaitu file untuk form-nya dan 1 file lagi untuk hasil responnya, berikut contoh penerapan scriptnya

form.php

pada form tag, kita menggunakan metode post dan actionnya mengarah ke file kedua yaitu randon.php, yang dimana random.php akan menerima value atau isi dari 2 textbox yang tersedia pada form.php, dengan penggunaan name form yaitu min dan max

random.php

pada variable $min dan $max, valuenya adalah $_POST[‘min’] dan $_POST[‘max’] karena pada script form.php penggunaan method yang digunakan adalah post, sehingga variables yang harus digunakan juga harus post.

Respon

Selesai. Demikian cara membuat website seperti Random.org, kamu juga bisa membuatnya menjadi online dan dapat diakses banyak orang dengan menggunakan hosting gratis. Silakan baca artikel cara mendapatkan hosting gratis di Inwepo.

Baca juga: Cara Mendapat Hosting Gratis di 000webhost Terbaru










Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close