Hiburan

Buka Loker untuk Staf IT dengan Jobdesk Berlebihan, Perusahaan ini Dibilang Lagi Nyari Dewa. Kocak!

Saat ini, mencari pekerjaan terhitung cukup lebih mudah. Nggak perlu susah payah mendatangi kantor Pos atau langsung ke perusahaan terkait, kini kita bisa menunggu posisi yang ditawarkan melalui berbagai aplikasi pencari kerja atau dari situs perusahaannya sendiri. Hal ini usai pasti memudahkan langkah kita. Tinggal mencari pekerjaan yang sesuai, selanjutnya mengirim berkas by way of online, dan tinggal menunggu panggilan wawancara.

Dari sekian banyak pekerjaan yang ditawarkan by way of aplikasi pencari kerja, belum lama ini, ada satu posisi yang aneh perhatian warganet. Bukan soal gajinya yang selangit, melainkan deskripsi tugas pekerjaannya yang keterlaluan.

Seorang pengguna Twitter membagikan procedure description calon pelamar di sebuah perusahaan yang sangat banyak dan dirasa sama sekali nggak sesuai

persyaratan calon pelamar by way of twitter.com

Pengguna Twitter dengan akun bernama @takdos mengunggah hasil screenshot sebuah lamaran pekerjaan yang ada di aplikasi pencari kerja. Posisi yang ditawarkan adalah staf IT dengan gaji sekitar 5-6 juta rupiah dan akan ditempatkan di Jakarta. Tapi bukan itu yang menjadi sorotan, melainkan procedure description untuk posisi yang tengah dibuka itu. Ada sekitar 30 procedure description yang dituliskan.

Lucunya, jika dilihat dari daftar tersebut, nggak semuanya berhubungan dengan bidang IT. Bahkan ada beberapa poin yang dianggap amat, seperti “mampu tidak bobo sampai keadaan yang tidak ditentukan” dan “minimal mengetahui segala sesuatu di luar bidang IT tanpa kecuali.

Saking penasarannya, pemilik akun @takdos juga menelpon buyer reinforce perusahaan tersebut untuk memastikan procedure description yang dicantumkan. Dan sang CS pun mengiyakan beberapa pertanyaan dan mengatakan “kurang tahu” untuk pertanyaan lainnya.

Jelas saja screenshot syarat yang dibutuhkan untuk posisi tersebut diledekin sama warganet

diledekin warganet by way of twitter.com

Deskripsi pekerjaan untuk seorang staf IT tersebut pasti saja langsung mencuri perhatian publik. Untuk ukuran staf IT, dengan gaji yang terbilang standar ukuran Jakarta, permintaan dari perusahaan dianggap berlebihan amat. Bahkan beberapa orang menyatakan kalau yang dicari oleh perusahaan bukanlah manusia, melainkan dewa karena harus tahu segalanya dan mampu nggak bobo dalam keadaan yang nggak ditentukan. Bahkan calon karyawan juga diharuskan mengetahui harga semua HP dan computer serta mampu memperbaikinya. Siapa coba yang kuat kerja kayak gini? 😀

Kalo gue jadi lu dis, gue mau bisikin gini “mbak, lu nyari karyawan apa nyari Dewa?” | @adithooker

Hahahahhahaha kyknya lowongan ini ga diperuntukkan buat manusia | @cellamarcellaa

Perusahaan kerja rodi itu mah. Semua dikerjain demi efisiensi | @edwin_faizal

Mungkin sadar tawaran pekerjaannya jadi bahan perbincangan, perusahaan pun mengganti syarat menjadi lebih ringkas dan sesuai dengan posisi yang dicari

akhirnya diganti by way of twitter.com

Tampaknya perusahaan yang menuliskan deskripsi pekerjaan staf IT secara amat itu sadar kalau tawaran pekerjaannya sedang dibicarakan oleh warganet. Nggak lama berselang, deskripsi pekerjaan yang ada di aplikasi pencari kerja itu pun diganti menjadi lebih ringkas dan pasti saja sesuai dengan tanggung jawab seorang staf IT. Mereka hanya menuliskan 4 procedure description yang harus dikuasai oleh calon pelamar.

Bahkan ada yang niat banget ngasih ulasan soal staf IT di deskripsi perusahaan tersebut

niat banget by way of twitter.com

Keisengan warganet nyatanya nggak sampai di situ saja. Bahkan ada yang niat mencari perusahaan terkait, selanjutnya mengasih ulasan tentang staf IT yang sedang dicari. Para warganet ini memuji perusahaan karena memiliki kriteria karyawan yang paling luar biasa, bahkan mungkin nggak mampu dipenuhi oleh manusia. Wajib saja ini cuma sarkas belaka. Agar perusahaan mempertimbangkan kembali deskripsi pekerjaan yang ditulis di aplikasi pencari kerja tersebut.

Mungkin saja, niat awal perusahaan ini adalah ingin mengasih penjelasan soal deskripsi pekerjaan sedetail mungkin kepada calon pelamar. Atau bisa jadi, pihak HRD-nya kurang paham dengan tanggung jawab seorang staf IT. Makanya ditulis ‘semena-mena’ kayak gitu.

Kalau dipikir-pikir, satu posisi tersebut harus menguasai beberapa tanggung jawab pekerjaan yang berbeda. Jangan-jangan perusahaan ini pengen efisien kali, ya, jadinya satu posisi untuk semua kebutuhan. 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close