Boros Sih Kalau Makan di Luar Melulu. Belajar Masak Seafood di Rumah Aja, Yuk!

Mungkin di antara kamu berlimpah yang doyan santap seafood dan tidak memiliki alergi aneh-aneh setelah memakannya. Emang tidak dapat dipungkiri sih kenikmatan dari seafood itu sendiri, juara! Eh, tapi, jangan ngaku seafood lover sejati dulu kalau kamu benar benar belum dapat memasak olahan makanan laut itu.

Sebagai pecinta yang sesungguhnya, kalau belum dapat membuat olahan seafood sendiri rasanga tidak afdol. Untuk itu, coba deh untuk membuat masakan yang tidak kalah enak dari tanganmu sendiri. Tenang aja, berlimpah kok resep seafood yang gampang dan dapat kamu buat di rumah. Tidak percaya?

Coba, yuk, lihat resep-resep mudah di bawah ini. 🙂

1. Cumi Goreng Tepung, menu spesial buat santap siang atau pas mulut kamu “gatel” pengen camilan!

nyumi :three by the use of santeaja.com

Menu cumi goreng tepung ini akan kriuk banget buat kamu jadikan lauk santap siang atau sekadar dijadiin cemilan, lho. Tidak perlu repot untuk membuatnya lho.

Yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, antara lain:

  • cumi segar dengan ukuran sedang sebanyak 750 gr
  • 2 buah jeruk nipis yang harus kamu peras
  • 1 butir telur ayam
  • half sdt merica bubuk
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 150 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 siung bawang putih yang harus kamu ulek dulu
  • kurang jahe yang telah kamu ulek halus
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Pertama, kamu harus lumuri daging cumi yang telah bersih dan dipotong-potong dengan air perasan jeruk nipis, aduk sampai rata, dan diamkan sekitar setengah jam. Hal ini perlu dilakukan agar cumi tidak lagi berbau amis.
  2. Sambil menunggu, siapkanlah wadah lain untuk membuat adonan pelapis cumi. Masukkan tepung terigu, garam, merica, jahe, bawang putih, dan kaldu ayam. Aduklah sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Setelah itu, masukkan juga telur ayam dan kembali aduk merata sampai tidak lagi terdapat gumpalan di dalam adonan.
  4. Kemudian, masukkan cumi yang telah direndam tadi ke dalam adonan. Bolak-balikkan agar semua bagian cumi terlapis dengan adonan yang kamu buat.
  5. Kemudian, gorenglah cumi dalam minyak panas dengan ukuran api yang sedang, dan jangan lupa untuk dibolak-balik.
  6. Gorenglah selama sedikit lebih three menit. Oya, jangan amat lama menggorengnya supaya tidak keras ketika kamu santap. Dan.. Cumi goreng tepung pun siap untuk kamu makan.

2. Kamu dapat juga loh bikin Nugget Seafood. Dibuat camilan atau teman nasi putih telah wajib enak.

nugget seafood~

nugget seafood~ by the use of indolah.com

Siapa bilang sih nugget selalu terbuat dari ayam dan tidak dapat kamu bikin sendiri? Ini buktinya! Kamu dapat buat nugget yang tidak biasa dari seafood. Uh, tidak perlu takut kerepotan deh. Sebelum membuatnya, kamu siapain dulu nih 2 lembar roti tawar putih, 100 ml susu cair, 20o gr ikan kakap yang dicincang halus (kalau kamu mau ganti dengan yang lain, silakan ya), 200 gr udang yang juga dicincang halus, 1 sdt garam, 1 sdt lada, 1 sdt gula, 2 buah kuning telur, 2 buah putih telur yang dikocok lepas, 200 gr tepung roti kasar, dan jangan lupa minyak goreng.

Bahan yang kamu perlukan untuk ditumis hingga harum, antara lain:

  • 1 sdm margarin
  • 2 siung bawa putih yang dicincang halus
  • 50 gr bawang bombay yang juga dicincang

Cara membuatnya:

  1. Pertama, kamu perlu merendam roti tawar di dalam susu cair hingga hancur dan sisihkan telebih dulu.
  2. Setelah itu, campurlah ikan, udang, roti yang telah halus, garam, lada, gula, dan aduklah sampai merata. Kemudian, tambahkan juga kuning telur dan tumisan yang lebih dulu telah kamu siapkan, dan kembali aduk sampai rata hingga menjadi sebuah adonan.
  3. Kemudian, ambilah adonan kurang demi kurang dan bentuklah sesuai dengan selera.
  4. Kemudian, adonan yang telah dibentuk itu harus dicelupkan ke dalam telur putih dan digulingkan ke dalam tepung roti hingga merata. Lakukan sampai adonan habis, selanjutnya simpanlah adonan di dalam lemari es sebentar aja.
  5. Jangan lupa untuk siapkan minyak goreng yang panas ya. Pastikan semua bagian terendam minyak ketika digoreng ya. Dan… Gorenglah sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  6. Tiriskan. Nugget seafood pun siap disajikan! Kalau ditambah dengan saus sambal ketika menikmatinya, wajib akan jauh lebih enak.

three. Nasi Goreng Seafood bakal pas banget jadi menu sarapan bareng sama mantan, eh mama dan papamu… :three

nasgor spesial ~ :D

nasgor spesial ~ 😀 by the use of www.leppfarmmarket.com

Kalau dulu kamu dan si mantan suka banget santap nasi goreng seafood di luar ketika lagi kencan, sekarang waktunya kamu buat sendiri nasi goreng itu, siapa tau ketika kamu telah dapat masak makanan favorit kalian dulu dia dapat jadi balik lagi ke kamu. Hihihi. Untuk buatnya gampang banget kok,

Siapin dulu nih bahan-bahan ini:

Cara membuatnya:

  1. Pastikan dulu semua bahan yang kamu siapkan telah terlebih dulu dibersihkan ya.
  2. Panaskan minyak dalam wajan dan tumislah bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit sampai harum.
  3. Setelah itu, masukkan telur dan orak-ariklah agar telur hancur, masukkan juga udang dan cumi, kemudian oseng hingga setengah matang.
  4. Kemudian, tambahkanlah nasi putih ke dalam wajan, bumbui dengan garam, lada, daun bawang yang telah kamu iris, dan juga masukkan kecap manis. Aduk sampai semua benar-benar merata. Sebelum disajikan, jangan lupa untuk mengoreksi rasanya terlebih dahulu ya.
  5. Nasi goreng seafood kamu pun telah siap disajikan. 🙂

four. Siapa bilang santap Seafood Asam Manis harus jajan? Nih, bikin di rumah juga dapat~~

seafoof asam tapi manis~

seafoof asam tapi manis~ by the use of www.totalberita.com

Kalau  selama ini kamu terus menimati seafood asam manis di restoran, mulai hari ini, yuk, coba  untuk membuatnya sendiri.

Siapkan dulu nih bahan-bahan ini:

  • 250 gr cumi yang dicuci bersih dan dipotong cincing
  • 100 gr udang yang juga perlu dicuci bersih
  • 6 buah child corn yang dipotong miring
  • 100 gr brokoli
  • 1 buah bawang bombay yang dipotong menanjang
  • three siung bawang putih yang dicincang halus
  • three siung bawang merah yang dicincang halus
  • 2 buah tomat ukuran kurang yang dipotong-potong
  • saus tomat secukupnya
  • 1 buah jerung nipis
  • 1 sdm tepung maizena
  • garam dan gula secukupnya
  • mentega secukupnya

Dan, begini cara membuatnya:

  1. Sebelum memasak, pastikan dulu kamu telah mencuci bersih cumi dan udang dengan air perasan jeruk nipis, agar tidak lagi terdapat bau amis yang menempel ya.
  2. Panaskan mentega dan tumislah bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah sampai harum.
  3. Masukkan child corn dan brokoli, selanjutnya tambahkan air secukupnya. Tunggu hingga semua mendidih dan sayuran setengah matang.
  4. Setelah itu, masukkan udang sampai menjadi setengah matang dan masukkanlah cumi. Kemudian masaklah sedikit lebih sekitar five menit.
  5. Kemudian, tambahkan pula saus tomat, garam, dan gula, aduklah sampai merata.
  6. Kemudian, tambahkan pula perasan air jeruk nipis sesuai dengan selera kamu. Jangan lupa juga masukkan potongan buah tomatnya ya dan aduk rata.
  7. Terakhir, masukkanlah tepung maizena yang sebelumnya telah kamu larutkan dengan air hangat terlebih dahulu, Kemudian aduk rata sampai mendidih. Seafood asam manis pun siap untuk dihidangkan.

five. Seafood Saus Tiram ini emang rasanya juara. Sesekali boleh lah masak buat dia yang kamu sayang… 🙂

saus tiram, nyam!

saus tiram, nyam! by the use of www.pinterest.com

Tidak usah bingung untuk masak apa ketika pacar mau ngapel ke rumah, buatkan aja seafood saus tiram. Buatnya praktis banget kok.

Siapin dulu nih bahan-bahan ini:

  • 150 gr udang dan 150 gr cumi (atau dapat diganti sesuai selera kamu)
  • 2 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 1 buah bawang bombay  ukuran sedang yang ddiiris
  • half batang daun bawang yang diiris
  • four sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • lada secukupnya
  • garam secukupnya
  • half sdm gula pasir
  • 1 ruas jari jahe yang juga harus kamu iris
  • half sdm tepung maizena yang kamu larutkan dengan air
  • 200 ml air
  • minyak atau margarin secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Pertama, rebuslah dulu bahan seafood selama sedikit lebih five menit dengan diberi kurang jahe untuk menghulangkan bau amisnya. Sisihkan dan tiriskan. Oya, jahenya tidak perlu kamu buang ya.
  2. Untuk membuat saus tiramnya, pertama tumislah bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Kemudian, masukkan seafood yang telah kamu rebus tadi.
  3. Tambahkan air, kemudian masukkan saus tiram, kecap asin, gula, lada, garam, dan tambahkan juga daun bawang.
  4. Kemudian, masukkanlah larutan maizena dan aduk sampai rata dan kuah mengental.
  5. Jangan lupa ya untuk mengoreksi rasanya. Seafood saus tiram pun siap kamu makan bersama dengan si dia! 🙂

Itulah resep-resep favorit yang praktis untuk memakak seafood kesukaan kamu. Kalau masaknya semudah itu, apa kamu masih malas untuk mencobanya? Hihihi. Selamat mencoba resepnya ya. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close