Hiburan

9 Upaya Menghilangkan Kista Ovarium Tanpa Operasi untuk Memperbesar Peluang Hamil

Setiap cewek bisa mengalami kista. Kista ini bisa muncul di mana saja, seperti di tulang, kulit, otot, dan organ tubuh lain termasuk ovarium atau indung telur. Kista ovarium terjadi jika terdapat sebuah kantong berisi cairan yang berkembang pada indung telur, bisa di salah satu bagian ovarium atau keduanya. Gejalanya bisa berupa haid yang nggak teratur, nyeri haid terlalu, nyeri saat BAB atau berhubungan intim dan tekanan pada bagian kandung kemih. Kista bisa dihilangkan selagi dini, yang harus dikhawatirkan adalah kista yang pernah tumbuh mengganas dengan ukuran lebih dari 6 cm.

Beberapa penderita kista ovarium bisa sembuh sendiri tanpa perawatan. Namun, alangkah baiknya jika kamu menjalani perawatan sesuai anjuran dokter dan melakukan beberapa cara alami berikut biar kistamu nggak semakin membesar.

1. Mengompres dengan handuk hangat atau botol kompres efektif untuk mengurangi nyeri perut dan mengecilkan kista

mengompres dengan air hangat by the use of www.womansday.com

  • Celupkan handuk bersih pada air panas kemudian peras. Kamu pun bisa menggunakan botol kompres.
  • Kompres bagian perut atau bawah panggul sambil berbaring selama 20 menit hingga perut merasa nyaman.
  • Lakukan sesering mungkin terutama saat perutmu merasa nyeri.
  • Perawatan ini efektif untuk kista yang masih sedikit dan kemungkinan bisa hilang secara alami saat menstruasi.

2. Mengompres dengan minyak jarak untuk merangsang peredaran darah dan membersihkan jaringan yang berlebih seperti kista

kompres dengan minyak jarak by the use of www.holisticvanity.ca

Minyak jarak dikenal sebagai obat kuno yang dipercaya bisa mengatasi kista ovarium. Cara terapinya mudah, cukup teteskan minyak jarak pada handuk yang telah dilipat menjadi beberapa lapisan, selanjutnya taruh di atas perut. Tempatkan botol kompres di atas handuk selanjutnya tutup dengan kain yang lebih tebal. Diamkan selama 20-30 menit. Baiknya, lakukan cara ini di hari 1-10 setelah mens (di luar ovulasi dan jadwal mens).

3. Mandi dengan garam epsom atau garam inggris untuk membantu merilekskan otot panggul dan mengempiskan kista

mandi dengan garam epsom by the use of www.mensjournal.com

Garam epsom mengandung tingkat magnesium yang cukup tinggi sehingga bisa membuat otot pada bagian panggul menjadi lebih rileks. Caranya, larutkan satu cangkir garam epsom dalam bak mandi yang berisi air hangat, selanjutnya aduk hingga tercampur rata. Rendam bagian bawah tubuh selama 30 menit. Lakukan setiap dua hari sekali untuk hasil yang maksimal.

Jangan melakukan perawatan ini saat menstruasi karena bisa meningkatkan pendarahan berat dan rasa sakit terlalu.

4. Menyeduh cuka sari apel yang mengandung banyak kalium untuk mengecilkan ukuran kista

seduh cuka sari apel dengan air hangat by the use of livelovefruit.com

Seduh air hangat yang pernah ditambahkan satu sendok teh cuka apel, kemudian minumlah selagi masih hangat setiap dua gelas sehari. Ingat, jangan lakukan perawatan ini saat menstruasi karena bisa menyebabkan pendarahan berat dan kram perut akibat menstruasi yang terlalu.

5. Terapi jus buah bit yang mengandung senyawa ampuh untuk melarutka kista

minum jus dari campuran buah bit by the use of orreco.com

Buah bit yang berwarna merah mengandung senyawa betasianin yang bisa membantu hati untuk membersihkan racun, termasuk kista ovarium. Selain itu juga bersifat asam yang bisa membantu melarutkan kista secara alami.

Blender buah bit dengan campuran stroberi, jambu merah, dan wortel. Minum jus ini setiap pagi saat perut masih kosong untuk menghilangkan kista ovarium dengan lebih maksimal.

6. Seduh flax seed atau biji rami untuk menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh

seduh biji rami by the use of www.youtube.com

Flax seed atau biji rami adalah jenis biji dari tanaman bunga flax yang berbentuk seperti biji wijen. Selain menyeimbangkan hormon, biji rami juga mengandung serat yang sangat bagus untuk membuang racun dalam tubuh, mengurangi kolesterol dan mengurangi resiko obesitas.

Larutkan biji rami dalam air hangat, selanjutnya minumlah sebelum sarapan. Kalau kamu kurang suka dengan tekstur dan rasanya, coba taburkan biji rami di atas salad, sup buah, atau smoothies.

7. Jadikan kacang almond yang mengandung magnesium tinggi sebagai camilan untuk mengatasi nyeri dan mengurangi ukuran kista

ngemil almond by the use of www.femina.in

Kamu bisa mengonsumsi almond dengan beberapa cara, salah satunya dengan makan beberapa butir almond setiap hari, minum susu almond tanpa tambahan gula atau menggunakan minyak almond untuk mengompres bagian perut.

8. Kendalikan tingkat hormon estrogen dalam tubuh dengan pola makan yang sehat dan teratur

makan yang sehat-sehat ajalah by the use of www.standard.co.uk

Hormon estrogen yang terlalu besar dalam tubuh nggak hanya akan memengaruhi siklus menstruasi, tapi juga memperbesar ukuran kista. Lakukan cara ini untuk mengendalikan  hormon estrogen:

  • Hindari susu sapi non organik yang diolah dengan bahan kimia. Lebih bagus minum susu sapi atau susu kambing asli. Susu yang diolah dengan pasteurisasi juga boleh dikonsumsi.
  • Hindari kebiasaan memasak atau memanaskan makanan dengan microwave, terlebih untuk makanan kemasan berbahan plastik.
  • Kurangi konsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang berbahan kedelai karena mengandung tinggi estrogen.
  • Kurangi kebiasaan mengonsumsi air mineral yang dikemas dengan bahan plastik.
  • Batasi dulu penggunaan kosmetik yang dibuat dengan campuran bahan kimia.

9. Sebaliknya, tingkatkan progesteron dan cara-cara lain untuk menyeimbangkan hormon di tubuhmu

latihan meditasi untuk menghindari stres by the use of mainewomenmagazine.com

Tingginya tingkat estrogen juga bisa menyebabkan turunnya level progesteron dalam tubuh. Alhasil keseimbangan hormon dalam tubuh pun jadi terganggu dan memperbesar ukuran kista. Lakukan cara-cara ini untuk menyeimbangkan hormon:

  • Hindari konsumsi lemak berlebih.
  • Konsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti bayam, ikan makarel, beras merah dan cokelat hitam.
  • Konsumsi asupan vitamin C seperti jeruk, pepaya, bayam, kale, kiwi, dan paprika kuning.
  • Perbanyak makanan dengan kandungan vitamin B6 tinggi seperti ikan tuna, daging kalkun, kurma, dan kacang pistachio.
  • Makanlah makanan yang mengandung mineral seng tinggi seperti tiram yang dimasak hingga matang, daging sapi tanpa lemak, gandum, dan kacang mete.
  • Jangan biarkan pikiranmu terganggu, menerima tekanan berat dan stres terlalu. Ini penting.

Selain cara-cara di atas, tolong batasi konsumsi kafein, teh hitam, soda, alkohol, dan makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan. Gantilah dengan jus buah, teh hijau atau jahe hangat yang lebih sehat. Jangan lupa juga untuk memperhatikan berat badan. Kalau kamu terdiagnosa kista, lakukan penanganan yang tepat dengan mendiskusikannya dengan dokter. Tenang, kamu masih punya peluang untuk hamil kok selama masih ada yang bisa diupayakan. Semangat, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close