Hiburan

6 Hal yang Membuat Dunia Tersenyum, Dimulai Dari Kebaikan yang Bisa Kamu Berikan ke Sesama

Mengetahui perang yang sedang berlangsung di Timur Tengah, pembantaian 292 buaya di Papua Barat, penggusuran lahan bakal bandara NYIA di Kulon Progo dan pemasalahan lainnya seringkali membuat kamu berpikir bahwa dunia ini sedang nggak baik-baik saja. Mengetahui hal tersebut tentu membuat kiamu sedih dan bingung, sedih karena merasa berempati, dan bingung karena kita nggak bisa berbuat apa-apa.

Seringkali rasa empati dan keinginan untuk menolong mereka terkendala oleh kuasa diri, ‘punya apa aku untuk membantu mereka?’ Paling banter kita hanya bisa memohon kepada Tuhan untuk memberkati mereka. Namun apabila kamu cermati, sejatinya banyak hal yang bisa kamu perbuat untuk membuat dunia ini tersenyum kembali. Nggak perlu jauh-jauh, berangkat dari yang dekat saja. Nggak perlu muluk-muluk, berangkat dari yang kamu bisa saja. Kamu bisa mulai dari hal-hal sepele yang kerap luput dari perhatianmu, contohnya adalah 6 hal ini.

1. Dengan membeli jualan para pedagang kecil sejatinya kamu telah membantu perekonomian mereka

Membantu perekonomian mereka via gudeg.net

Gaya hidup acapkali membuat orang lupa akan kenyataan di sekitar saat mereka. Seperti misalnya saat lapar, banya orang lebih memilih menyantap fast food dari restoran cepat saji ternama dibanding membeli makanan di warung-warung kecil. Memang sih terserah mereka, toh duit-duit mereka. Tapi coba sekali-kali buka mata, bahwa di sekitar banyak pedagang-pedagang kecil yang mungkin lebih membutuhkan uang demi kelangsungan hidup.

Sesekali, kalau perlu sesering mungkin, perhatikan mereka, belilah dagangan mereka yang harganya nggak seberapa. Soal rasa barangkali nggak kalah jauh, soal pelayanan dan kebersihan bisalah kamu pilih-pilih warung yang telah sadar akan dua hal itu. Membeli dagangan pedagang kecil nggak cuma sebatas mengenyangkan perutmu, lebih dari itu; sejatinya kamu telah membantu perekonomian mereka –memperpanjang kesempatan mereka menikmati hidup.

2. Membantu orang lain yang sedang tersesat di jalan, jelas bisa menghilangkan kerut di dahinya karena kebingungan

Tanya alamat via malesbanget.com

Kamu pernah tersesat di suatu jalan, dikejar waktu, kebingungan? Apa yang kamu rasakan? Tentu capek, kesal, nggak tenang berkelindan. Pengalaman nggak enak itu seharusnya membuatmu sadar bahwa dengan membantu orang yang sedang dalam keadaan yang sama sedikit bisa menggoreskan senyum di bibir dan meredakan kesal dalam benak mereka.

Kebaikan kecil yang sering nggak disadari ini barangkali bisa mengurangi wajah-wajah murung dan lelah yang seringkali mengusik mood baik orang saat berada dijalanan.

3. Sesederhana membantu orang tua menyebrang jalan, tak hanya membuatnya lega, tapi juga menghindarkannya dari bahaya

Sepele namun mulia via airfotonetwork.net

Selain menghindarkan dari bahaya, dengan membantu menyebrangkan nenek-nenek atau kakek-kakek yang berjalan sendirian secara nggak langsung kamu mengingatkan orang-orang di jalan bahwa banyak hal di sekitar mereka yang seringkali luput terlihat saat mereka sedang sibuk mengurusi kepentingan sendiri.

Sebab seringkali orang hanya memikirkan kepentingan sendiri saat berada di jalanan, padahal jalanan adalah tempat umum, tempat di mana banyak kepentingan yang bersinggungan di sana. Ini sekaligus sebagai pengingat bahwa nggak bisa semena-mena saat sedang di tempat umum.

4. Mengajak mereka yang sedang kesepian berbincang dan bercanda, demi menepis sendunya perasaan

Bermodal jokes via www.pexels.com

Kesepian kerap kali berujung pada hal-hal buruk jikalau nggak tangani secepatnya. Maka dari itu saat kamu melihat temanmu yang sedang kesepian alangkah baiknya hibur mereka secepatnya. Jangan biarkan kesepian mengendap terlalu lama pada dirinya. Meski sepele, tapi jokes-jokes receh dengan niat menceriakan hati sedikit bisa meningkatkan harapan hidup bagi seseorang.

5. Mengajak makan anak jalanan yang sedang murung di jalan bisa membuat mereka kembali bersemangat menjalani kerasnya kehidupan

Mengurangi kelaparan di jalan via manilareaders.info

Kerasnya kehidupan kerap kali membuat anak-anak yang seharusnya berada di sekolah atau bermain bersama teman-temannya terpaksa harus ikutan bekerja. Sebagaimana yang telah sering kamu lihat di jalan, ada yang jadi penjual koran, pengamen, sampai pengemis. Sungguh miris, terlebih kalau kamu nggak sengaja melihat mereka mengintip tempat sampah sembari memegangi perut mereka.

Maka dari itu jikalau kamu ada uang berlebih, alangkah baiknya sesekali ajaklah mereka makan bersamamu. Uangmu mungkin akan berkurang, tapi yakinlah rezekimu akan bertambah sebab kamu telah mengurangi penderitaan mereka dan memberikan kebahagiaan bagi mereka di tengah kerasnya hidup yang mereka jalani.

6. Sesekali tak ada salahnya menndengar cerita mereka yang sedang sedih, pasti sangat berarti sebab itu mengurangi segala penat yang ada di kepala

Sedih via www.pexels.com

Kesedihan atau keputusasaan seseorang terkadang membahayakan untuk seseorang. Sama halnya saat kamu bersedih, tentu mereka juga butuh orang untuk melampiaskan kesedihannya, mereka butuh seseorang yang mendengarkan keluh kesahnya agar kesedihannya tuntas dan hatinya lega. Tentu nggak susah bukan? Cuma mendengarkan kok.

Itulah beberapa hal yang biasanya luput dari perhatian orang. Meski kelihatannya sepele, dengan melakukan hal tersebut sejatinya kamu sudah sedikit mengurangi beban orang lain, mengubah murung dan bingung menjadi senyum dan gembira. Bayangkan jika setiap orang memperhatikan hal-hal yang sepele di sekitarnya, bukan nggak mungkin hidup ini tentram dan indah saat menjalaninya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

https://cdn-asset.hipwee.com/wp-content/uploads/2018/07/hipwee-bill-wegener-601508-unsplash-1200×630.jpg

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close