6 Alasan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri. Bukan Bertujuan Narsis, Apalagi Egois

“Aku benci banget sama diriku. Rasanya tidak terdapat yang bagus dari aku tuh. Apa-apa gagal, apa-apa salah. Kenapa sih aku harus lahir ke dunia ini?”

“Kayaknya si x bahagia banget hidupnya. Jauh banget dari aku. Udah jelek, miskin, tidak pinter pula. Pantes aja tidak terdapat yang suka sama aku.”

Sedih tidak sih, membaca 2 kalimat di atas? Meski terkesan lebay, mungkin terdapat berlimpah orang yang diam-diam merasakan hal tersebut pada satu titik dalam hidupnya. Merasa gagal, merasa tidak mampu, merasa jelek, merasa sial dan merasa tidak layak jadi manusia. Tolak ukurnya jadi ke atas melulu, sehingga apapun yang terdapat di hidup menjadi semacam musibah. Kamu benci sama diri sendiri, dan sayangnya perasaan ini disimpan sendiri, tabu buat dibicarakan sampai akhirnya menumpuk jadi stres, bahkan depresi.

Mencintai orang lain terkadang sungguh sungguh lebih mudah daripada mencintai diri sendiri. Padahal self love alias mencintai diri sendiri dimulai dari kesadaran untuk menerima diri sendiri (self acceptance) seutuhnya, dengan segala kelemahan dan kekurangan yang terdapat. Bayangkan kalau kamu si empunya tubuh saja tidak suka sama dirimu, bagaimana orang lain dapat menerima dan mencintaimu dengan bagus? Rasa minder, rasa tidak mampu dan rasa kecil yang terus terdapat dalam diri akan mempengaruhi kehidupanmu. Bukannya membaik, kegagalan mencintai diri sendiri dapat membuat kamu makin terpuruk. Jadi, kamu yang selalu meragukan diri sendiri, simak uraian hipwee kali ini.

1. Mencintai diri sendiri membuat kamu lebih semangat dalam merawat diri, karena dirimu menghargai tubuhmu ini

Cewek cowok berhak merawat diri dengan bagus~ by means of katherineschwarzenegger.com

Terkadang mencintai orang lain terkesan lebih mudah. Merawat orang lain pun lebih gampang. Padahal dirimu butuh diperhatikan dan tidak terdapat yang dapat benar-benar mengerti kebutuhan esensialmu ketimbang kamu sendiri. Mencintai diri sendiri dengan bagus akan membuat kamu lebih semangat merawat diri, bagus jasmani maupun memanjakan kebutuhan rohani seperti rehat dan berlibur.

Dikutip dari Medical News Today, Kristin Neff — profesor di bidang Human Building di College of Texas di Austin menyatakan “Love, connection, and acceptance are your birthright.” yang artinya “Cinta, koneksi dan penerimaan yaitu hakmu sejak lahir.” You should be liked, darling!

2. Mencintai diri sendiri membuat kamu lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan ringan menjalani hari

Lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi by means of unsplash.com

Ketika kamu mencintai diri sendiri, tak peduli apa kekuranganmu, kamu justru akan mengasih charisma positif yang menyenangkan. Bayangkan deh ketika kamu sedang jenuh, suntuk dan bete dengan kondisimu, wajib bawaannya pikiran jelek melulu kan? Nah, ketika kamu mampu menerima semua kekuranganmu dan mencintai diri kamu apa adanya, stres bakal berkurang dan kamu dapat jalani hari-hari dengan lebih bahagia.

three. Dicintai orang lain saja dapat membuat bahagia. Apalagi kalau dapat mencintai diri kamu sendiri? Jadi mulai lah lebih rajin tersenyum dan bersikap lunak pada dirimu ini

Mencintai diri sendiri membuat kamu lebih glad! by means of www.pexels.com

Memeluk diri sendiri di pagi hari atau saat kamu sedang sedih, menyemangati diri sendiri dan tersenyum setiap hari ketika bercermin tidak akan membuatmu terlihat tidak waras kok. Menumpahkan isi hati di jurnal harian pun tidak akan membuat kamu jadi sosok yang manja atau cengeng. Justru, dengan mencintai dan menghargai diri kamu, kamu dapat jadi lebih bahagia. Prevent jadi amat keras dan perfeksionis perihal kehidupanmu. Bahagia itu penting, dan kamu pemegang utama kunci kebahagiaan dalam kehidupanmu.

four. Mencintai diri sendiri membuatmu bahagia dan otomatis kamu pun lebih mudah mencintai orang lain. Tapi tolong bedakan mencintai diri dengan narsis amat ya!

Gimana caranya dapat mencintai orang lain kalau tidak cinta diri sendiri? by means of www.pexels.com

Ketika kamu menerima diri, mencintai diri dan tahu nilai-nilai dirimu dengan benar, maka akan lebih mudah pula untuk bersimpati dan berempati pada orang lain. Mencintai diri sendiri dengan bagus akan berdampak bagus pada hubungan asmara, pekerjaan sampai keluarga. Kebayang tidak sih, bagaimana seseorang yang tidak sungguh-sungguh mencintai dirinya ketika terlibat dalam suatu hubungan? Akan berlimpah ketidakpuasan, jadi mudah kesal, mudah rendah diri dan ujung-ujungnya mudah curiga dan marah pada pasangan. Atau justru sebaliknya, kamu bakal selalu merasa minder dengan pasangan, merasa tidak layak sehingga perlakuan buruk apapun dari pasangan pasrah diterima.

Know your values neatly so you’ll have a greater courting!

five. Mencintai diri dengan bagus bukan berarti menganggap dirimu jadi begitu benar. Justru kamu sadar memiliki berlimpah kekurangan dan semangat untuk memperbaikinya

Being glad is your proper! by means of unsplash.com

Mencintai diri sendiri dengan bagus bukan berarti kamu jadi narsis, merasa diri begitu oke dan benar sendiri ya! Justru kamu jadi semakin mengenal sosokmu, tahu apa kelemahanmu dan berusaha memperbaikinya agar jadi sosok yang lebih bagus.

6. Mencintai diri sendiri menghindarkan kamu dari stres. Jauh dari stres membuatmu dapat berpikir lebih bagus, lebih produktif dan lebih tahu tujuan hidupmu

Self love itu tremendous penting! by means of believe.christianmingle.com

Mencintai diri membuat kamu lebih bahagia sehingga membuatmu jauh dari stres. Jadi sosok yang lebih bahagia membuat kamu melihat dunia dengan lebih bagus, lebih penuh syukur dan penuh belas kasihan pada orang-orang lain. Intinya sih, menjadi sosok yang bahagia (dengan sehat!) membuatmu jadi sosok yang berjiwa besar.

Menjadi sosok yang perfeksionis atau menetapkan standar amat tinggi dalam menilai diri akan justru membuat kamu susah mencintai diri sendiri. Padahal, mencintai diri sendiri yaitu salah satu kunci untuk hidup bahagia. Yuk mulai mencintai diri sendiri lebih bagus untuk menjadi sosok yang lebih bagus! Kalau kamu tahu nilai-nilaimu dengan benar, kamu tidak akan menjerumuskan dirimu pada persepsi yang keliru kan? Mencintai diri dengan bagus akan menjadikanmu sosok yang lebih bahagia dan berkualitas. Setuju?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close