5 Cara Ampuh Atasi Homesick Terbaik

Yang namanya anak rantau, tentu gak lepas dari ‘penyakit’ yang satu ini, homesick. Bagi anda yang pergi merantau baik guna menuntut ilmu ataupun bekerja, rasa rindu yang membuncah memang terkadang sulit ditepis. Tidak dapat bertemu secara lansung dengan keluarga khususnya orang tua, sedang di urutan teratas dalam susunan hal yang paling menganiaya dirimu, bener gak?

Saking seringnya dilanda rindu, anda sudah memandangnya sebagai makanan keseharian yang mau enggan harus anda nikmati. Hal ini membuatmu seolah telah pakar, dalam menyiasati kemauan untuk bertemu. Ada saja cara-cara yang anda lakukan, supaya rindumu dapat sedikit terobati, mulai dari merasakan makanan khas dusun halamanmu sampai lansung menghubungi ibu bapakmu.

Dari sekian tidak sedikit cara menepis rindu, 5 teknik di bawah ini barangkali sudah familiar lagi untuk dirimu. Memang metodenya sederhana, tetapi percayalah minimal itu dapat mengobati rindumu yang menggebu, pada ayah, ibu, serta pernak-pernik dusun halamanmu.

1. Kangen kampung? Gak ada salahnya kamu bernostalgia sambil menyenandungkan lagu daerah asalmu

Siapa nih anak rantau yang suka nyimpan kumpulan lagu berbahasa daerahnya dalam satu folder khusus? Percaya deh, mendengarkan kumpulan lagu-lagu lokal tersebut di rantau orang, bisa menjadi kegiatan favoritmu saat jauh dari kampung halaman. Alunan musik yang khas dan familiar bagimu, cukup menjadi penawar rindu saat kamu gak bisa pulang.

2. Yang paling bikin nyaman, ngumpul dan ketawa bareng sama teman-teman sekampung

Gathering di sana-sini dengan kawan sekampung mungkin menjadi rutinitas yang tak asing lagi bagi anak rantau. Ngumpul dan ngobrol bareng menggunakan bahasa daerah dengan teman-teman sekampung halaman, bisa jadi merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu untuk cepat datang. Merekalah yang menjadi keluarga saat kamu jauh dari ayah dan ibu dan tak bisa berjumpa dengan adik dan kakakmu.

3. Kangen masakan ibu? Ini saatnya kamu beraksi dan berkreasi di dapur kosanmu

Anak rantau yang gak katanya gak bisa dan gak biasa masak di rumah, biasanya menjadi seorang pemasak ulung saat sudah berada di tanah orang. Tahu menu apa saja yang sering dimasak oleh anak rantau? Makanan dengan resep khusus ala sang ibunda.

Kamu biasanya bela-belain minta kirimin resep masakan dari ibu, supaya bisa membuatnya sendiri di tempat tinggalmu yang baru. Walaupun rasanya sebelas dua belas dengan buatan ibu, yang penting saat kamu menyantapnya, seolah-olah ibumu sendirilah yang memasakkannya untukmu.

4. Yang paling sering sih, menyerbu rumah makan daerah terdekat di sekitarmu

Biasanya sih, ini jadi aktivitas favorit anak rantau saat jajan bulanan atau gaji mereka cair. Gak perlu berlama-lama di dapur untuk menikmati hidangan ala kampung, yang menjadi pilihan adalah lansung menyerbu rumah makan, yang menyajikan ragam menu khas dari kampung halaman.

Diiringi alunan musik tradisional khas kampung halaman, makanan yang disantap terasa begitu nikmat. Ibarat mesin waktu, kamu serasa dibawa pulang ke tanah kelahiran.

5. Rindu seketika berkurang saat mendengar suara ayah dan ibu

Suara ayah dan ibu merupakan sumber energi terbesarmu saat berada di negeri orang. Walaupun tak bisa bertatap muka lansung, suara mereka pun mampu memberimu semangat untuk tetap tangguh menjalani pasang surut kehidupan saat di rantau. Saat rindu menjadi begitu tak terperi, luangkan waktu sejenak untuk menghubungi orang tuamu. Percayalah, mereka pun sama rindunya dengan kamu.

Kalau homesick –mu memang gak bisa lagi diobati, mungkin pulang adalah solusi yang paling sakti. Karena bertemu adalah obat mujarab bagi kamu yang dilanda rindu.

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close