5 Bekal yang Harus Dimiliki Kamu yang Kuliah Sambil Kerja, Nggak Cuma Materi Saja

Berlimpah mahasiswa yang mengembangkan kemampuannya di luar perkuliahan, untuk mengasah potensi, mencari kocek tambahan ataupun para pekerja yang melanjutkan studi demi kepentingan karir. Kuliah sambil bekerja benar benar bukan tentang yang gampang apalagi ilmu dan karir ialah hal yang crucial.

Tidak hanya perlu materi yang cukup agar kuliah tetap lancar, tapi kamu juga perlu berlimpah bekal lain agar keduanya berjalan seimbangan tanpa melupakan kewajibanmu sebagai mahasiswa dan juga tanpa menyampingkan pekerjaan.

1. Karena waktumu semakin padat, waktu badanmu kelihatan kunci dari kelancaran kuliah dan kerja

Giat kerja dan kuliah, tapi jaga juga waktu badan by the use of www.unsplash.com

Meski kesibukan memakan berlimpah waktumu, tapi kamu tetap harus memperhatikan waktu badanmu sendiri, yang tau kemampuan tubuhmu hanya kamu. Jangan sampai kesibukanmu membuatmu lupa untuk memberi asupan yang dibutuhkan tubuhmu.

Jatuh sakit hanya akan membuatmu semakin repot dengan urusan kuliah dan mengejar time limit pekerjaan. Kalau kamu sakit, bagaimana kamu dapat menjalankan keduanya jika waktu badanmu tak memungkinkan untuk diajak kompromi. Sesekali, memanjakan tubuhmu untuk pijat refleksi atau makanan mahal tidak terdapat salahnya kok.

2. Saat kamu harus dihadapkan pada situasi yang membuat kamu memilih salah satu, kamu harus menentukan mana prioritasmu

Menghadapi pilihan prioritas by the use of www.unsplash.com

Saat kamu menjalankan dua hal, terdapat saatnya kamu harus dapat mengorbankan satu hal. Sebelum kamu memutuskan untuk mengerjakan dua hal secara bersamaan, kamu juga perlu menentukan rencana yang matang dan apa tujuanmu kedepannya. Ketika kamu pernah yakin dengan rencanamu dan masing-masing tujuannya, maka ketika kamu dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kamu memilih satu hal, kamu dapat dengan mudah menentukan mana prioritasmu sesungguhnya.

three. Mentalmu kelihatan harus tebal untuk menghadapi sibuknya pekerjaan dan reportnya urusan perkuliahan

Psychological sekuat baja by the use of www.unsplash.com

Pernah wajib sebagian besar waktumu diberikan untuk bekerja dan kuliah, kamu harus siap kehilangan berlimpah kondisi untuk keluarga atau bahkan hampir tak memiliki kondisi kongkow dengan teman-teman sejawat. Kalau sifat manja masih melekat denganmu, jangan harap kamu dapat bertahan melakukan dua hal tersebut, karena dalam dunia kerja dan kuliah wajib terdapat berlimpah hal yang bisa menguras emosimu. Jangan biarkan kondisi mengalahkanmu. Justru seiring berjalannya fase kerja sambil kuliah, mentalmu akan lebih terbentuk.

four. Ability manajemen kondisi juga harus kamu miliki, agar semua berjalan lancar tanpa harus terdapat yang tertinggal

Mengatur kondisi by the use of www.unsplash.com

Selain menentukan prioritas dan rencana, kamu juga harus lihai dalam memanajemen kondisi. Kapan waktumu mengerjakan pekerjaanmu dan kapan saatnya kamu fokus dengan kuliahmu, biasakan menerapkan budaya on time dan jangan menunda-nunda pekerjaan agar pekerjaan dan kuliahmu berjalan lebih lancar dan nggak membuatmu resah dikejar time limit.

five. Mau nggak mau kamu dituntut untuk mampu multitasking, fokus di dua hal yang berbeda

Mampu fokus dibanyak hal by the use of www.unsplash.com

Kamu akan terbiasa melakukan berlimpah hal dalam satu kondisi. Misal, melakukan tugas kuliah disela-sela jam tidur kantor atau menyicil urusan pekerjaan ketika jadwal kuliahmu kosong. Selagi terdapat kondisi, manfaatkan untuk mengerjakan apa yang dapat kamu kerjakan ketika itu. Dengan nggak menyia-nyiakan kondisi yang terdapat, tugas-tugasmu pun akan jadi lebih ringan.

Jadi, kuliah sambil bekerja bukan cuma butuh niat dan materi semata, tapi juga butuh usaha yang dirangkum melalui five hal di atas. Jangan sampai kamu terlebih dulu jumawa dengan standing rangkap mahasiswa dan pekerja, tapi kenyataannya keteteran bahkan hampir menyerah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close