4 Penyebab Leher Pegal Karena ‘Salah Bantal’. Jangan Melulu Salahkan Bantalnya, Kan Kasihan~

0
65

Banyak orang yang menyebut keluhan ini dengan istilah ‘salah bantal’. Nah, salah bantal ini kalau dalam dunia medis dikenal dengan istilah muscle strain atau otot yang tegang.

Salah bantal ini terjadi saat ototmu terlalu teriritasi atau robek karena penggunaan otot yang nggak pas atau kelelahan. Otot yang sering kena biasanya punggung bagian bawah, leher, dan bahu. Ketegangan pada otot ini bisa menyebabkan rasa sakit dan kesulitan untuk bergerak bebas.

Meski bisa hilang dengan sendirinya, tapi salah bantal ini kalau dibiarkan bisa fatal juga. Penting buatmu untuk tahu penyebabnya, rupanya bukan semata-mata kesalahan bantalnya lo ya!

1. Sesuai namanya, penyebab utama salah bantal adalah karena penggunaan bantal yang kurang pas dengan postur tubuh saat tidur

bantal ketinggian via mountainvalleypt.wordpress.com

Seringnya sih karena bantalnya yang ketinggian. Selain itu, bantal yang bikin kepala terdorong miring ke depan, ke belakang, atau menyamping (tergantung dari posisi tidurnya) bisa menyebabkan otot leher di titik tertentu jadi kaku.

Untuk mengakalinya, misalnya kalau kamu tidur menyamping, pilih bantal yang pas mengisi ruang antara kuping dengan kasur. Prinsipnya, bantal harus bisa mempertahankan leher dalam posisi natural, nggak ketinggian atau menggantung. Bukan hanya menyangga kepala, tapi bahumu juga

2. Posisi tidur yang kurang pas dan nyaman sehingga menekan otot bagian tubuh tertentu terlalu lama

tidur tengkurap via www.heberappliance.com

Posisi tidur yang berpotensi besar menyebabkan kamu lebih rentan mengalami salah bantal adalah tidur tengkurap. Posisi tidur ini memberikan tekanan ekstra pada otot leher dengan memaksa leher untuk menoleh ke samping dalam waktu yang lama. Akibatnya, otot leher tertarik ke satu bagian. Sebaiknya biasakan tidur dengan posisi telentang saja, ya!

3. Melakukan gerakan mendadak atau yang nggak terkontrol saat tidur

pergerakan yang mendadak saat tidur via www.sleepmaker.com.au

Saat sedang tidur, bukan nggak mungkin di antara kamu ada yang melakukan gerakan mendadak dan nggak terkontrol, biasanya sih karena bereaksi terhadap mimpi. Nah, jika saat bergerak tadi kamu tanpa sadar menggerakkan leher dengan nggak tepat, bisa jadi bangun tidur nanti kamu bakal mengeluh nyeri karena salah bantal yang nggak disengaja.

4. Jangan-jangan memang kondisi ototmu saja yang lemah karena kurang bergerak

memang ototnya gangguan via www.health.harvard.eduS

Ganti bantal sudah, memosisikan tubuh dengan benar saat tidur juga sudah, tapi kok masih salah bantal, ya? Bisa jadi disebabkan karena kondisi ototmu yang kurang sehat, seperti artritis misalnya. Kalau memang ditemui kondisi seperti ini pada tubuhmu, segera konsultasikan ke ahli medis biar nggak makin parah, ya. Selain itu kamu juga bisa lakukan olahraga untuk memperkuat otot leheragar mengurangi rasa nyeri.

Kalau kamu sering mengalami keluhan salah bantal ini, cobalah untuk mengistirahatkan leher dan menggerakkannya perlahan. Bisa juga dengan mengompres es batu yang dibungkus handuk pada bagian otot leher yang nyeri atau kaku. Selebihnya, jika kamu sudah mengetahui beberapa penyebab salah bantal di atas, harapannya kamu pun bisa lakukan pencegahan dari awal, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here